Saturday 15 January 2011

Dua belas Murid Yesus

Sedikit catatan mengenai Ke dua belas Murid Yesus
Nama-nama murid Yesus Kristus dapat dikaji dalam Matius 10:1-4, Lukas 6:13-16. Hanya dua saja dari THE-TWELVE yang menjadi penulis Injil yaitu Matius dan Yohanes, sedangkan yang dua orang lagi bukan murid Yesus Kristus secara langsung. Markus adalah murid Petrus, sedangkan Lukas adalah teman Paulus.

Di antara ke-12 murid itu, hanya Petrus, dan Yohanes yang pernah menulis surat untuk Gereja. Surat Yakobus tidak ditulis oleh murid Yesus, tetapi oleh saudara Yesus.

Tidak semua murid Yesus Kristus adalah orang yang terpelajar dan mau menulis otobiografi mereka, lagi pula barangkali mereka menerapkan ajaran Yesus Kristus untuk "mematikan" diri sendiri dan memuliakan Yesus Kristus saja.

Ada yang mencoba menulis pelayanan mereka dalam kitab-kitab lain, tetapi justru kitab-kitab ini sangat meragukan karena tidak ditulis oleh para murid itu sendiri.

Sedikit catatan mengenai riwayat para murid :

1) Petrus. Ada yang mencatat bahwa Petrus mati syahid di Roma disalib dengan kepala di bawah.

2) Andreas konon berkhotbah hingga ke Rusia Selatan dan Balkan, mati disalib dengan salib model "X" di Patras, Yunani.

3) Yakobus bin Zebedeus, saudara Yohanes, mati syahid tahun 44 Masehi di era Herodes Agripa I (Kisah Para Rasul 12:2),

4) Yakobus muda atau Yakobus Alfeus tidak diketahui kisahnya.

5) Yohanes menulis 1 Injil, dan sempat menulis tiga surat plus kitab Wahyu saat ia dibuang di pulau Patmos. Suatu literatur lain menulis bahwa Yohanes tinggal dan wafat di Efesus.

6) Filipus tidak diketahui lebih lanjut, namun ada injil apokrif yang dinyatakan berasal darinya.

7) Bartolomeus, diperkirakan adalah orang yang sama dengan nama Natanael, tidak diketahui pula, dan ada injil apokrif di era Heronimus yang menyebutkan Bartolomeus sebagai penulis.

8) Tomas menginjil hingga ke India dan dimakamkan di Edessa, India. Ada injil Tomas yang berisikan ajaran Yesus tetapi tidak memuat perbuatan Yesus, ini pun diragukan ditulis oleh Tomas, kemungkinan besar ditulis orang lain yang menamakan dirinya Tomas.

9) Matius sang pemungut cukai atau nama lainnya Lewi, adalah penulis injil Matius, riwayat hidupnya pun tidak diketahui. Ada injil "palsu" Matius yang beredar tempo doeloe yang menulis tentang adanya sapi dan keledai di kandang saat Yesus Kristus lahir dan diletakkan dalam palungan.

10) Tadeus, dikenal juga dengan nama Yudas anak Yakobus, tidak diketahui lebih lanjut, konon melakukan karya misionaris di Edessa.

11) Simon orang Zelot, tidak diketahui lebih lanjut, ada yang menghubungkannya dengan pemberontakan dalam Kisah Para Rasul 5:37 sehingga ia mati terbunuh;

12) Yudas Iskariot. Keterangan mengenai Yudas Iskariot dalam Injil selalu di ikuti kata-kata mengkhianati Dia, menyerahkan Yesus. Iskariot dari kata Ibrani isy qèriyot artinya orang Keriot. Keriot terletak di Moab menurut Yeremia 48:24,41; Amsal 2:2.


Artikel lain yang terkait:



0 komentar:

Post a Comment