Wednesday 26 September 2012

PELETAKEN BATU PERTAMA GBKP PALANGKA RAYA DAN PENGUMPULAN DANA

Berbekalkan semangat dan kerinduan memiliki tempat ibadah sendiri dan didasari hidup sebagaimana yang diharapkan rasul Paulus di dalam Filipi 2:2-3a, Jemaat GBKP (Gereja Batak Karo Protestan) Palangkaraya yang baru terbentuk secara resmi pada tangga 31 Juli 2011, dengan swadaya sendiri pada tanggal 10 Mei 2012 telah memiliki lahan/tanah untuk tempat membangun gedung gereja seluas 1.400 M2. Dan untuk mewujutkan kerinduan tersebut jemaat sepakat sebelum dibangun gedung gereja, terlebih dahulu didirikan bangunan seperti losd untuk tempat beribadah sementara menunggu gedung gereja selesai dibangun. Selama ini jemaat GBKP Palangkaraya beribadah di Gereja Mahanaim-Komplek Universitas Palangkaraya. Puji Tuhan dengan tidak terlalu lama setelah lahan ditimbun dengan kurang lebih 800 truk dan diratakan dengan bergotong royong oleh jemaat pagi dan sore tanpa kenal lelah losd yang dimaksud telah didirikan seluas 10 x 20 M2.

Pada tanggal 9 September 2012, sebagaimana yang telah disepakati sebelumnya dengan BP GBKP Klasis Jakarta-Bandung, diadakanlah kebaktian perdana di tempat tersebut yang dipimpin Pt.Filiph Kembaren (Ketua Rg.GBKP Bandung Pusat) dan Pdt.Simon Tarigan,S.Th (Sekretaris Umum Moderamen) masing-masing sebagai Liturgis dan Khotbah. Pada kebaktian ini, juga dilaksanakan baptisan anak kecil.

Setelah kebaktian selesai yang dihadiri jemaat dan undangan kurang lebih 300 orang dilanjutkan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung GBKP Palangkaraya yang dipimpin oleh Ketua Klasis Jakarta-Bandung, Pdt.Sabar S.Brahmana,S.Th.,MA. Dalam acara ini, setelah pembacaan liturgi dan peletakan batu pertama oleh Ketua Klasis Jakarta-Bandung, kemudian pembacaan dan penenaman naskah Berita Acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung GBKP Palangkaraya ditempat dimana nantinya letak mimbar gereja oleh Wakil Sekretaris Klasis Jakarta-Bandung, Pt.Eddy Temanta Keliat, baru kemudian diberikan kesempatan kepada setiap perwakilan jemaat dan undangan untuk turut serta meletakkan batu pertama pembangunan GBKP Palangkaraya. Adapun perwakilan tersebut: (1) Pdt.Simon Tarigan-Sekretaris Umum Moderamen mewakili Moderamen; (2) Pt.Hendiri Sembiring-Kabid Marturia Klasis Jakarta-Bandung mewakili BP.Klasis; (3) Pt.Hatir Sata Tarigan mewakili pengurus GBKP Palangkaraya; (4) Pt.Amanlison Sembiring mewakili panitia pembangunan; (5) Calon Vikaris Adinata Ginting,S.Si; (6) Pdt.Yohanes Karosekali,S.Th mewakili GBKP Rg.Bandung Pusat yang menjadi mitra pelayanan GBKP Palangkaraya; (7) Bp.Haristin Ginting mewakili Mamre; (8) Dk.Nd.Pagit Ginting mewakili Moria; (9) Friska Sembiring mewakili Permata; (10) Rika Oktavius br.Sitepu mewakili guru KAKR; (11) Karin br.Sembiring & Clarisa br.Tarigan mewakili anak Sekolah Minggu; (12) M.Pandiangan mewakili LKMB-KT; (13) Umar Kaban mewakili perpulungen Karo Arihta Palangkaraya; (14) Asisten II Pemkab Gunung Mas mewakili Bupati Gunung Mas.

Setelah kata-kata sambutan diselingi hiburan yang dibawakan “Trio Golden” Palangkaraya serta artis Karo Romona Purba yang datang dari Jakarta dan makan siang, dilanjutkan pengumpulan dana yang dipandu Pt.dr.Oktavines Tarigan. Dan luar biasa kebersaman dan semangat yang diperlihatkan jemaat dan udangan, semua mengambil bagian dengan penuh sukacita sehingga dari target kurang lebih Rp. 300 juta, dapat terkumpul dana Rp.511 juta//asbrahm.



Artikel lain yang terkait:



0 komentar:

Post a Comment