Tuesday 18 January 2011

Retreat Pendeta & Keluarga GBKP Klasis Jakarta-Bandung dan Jakarta-Banten, 11-13 Januari 2011 di Hotel Yehezkiel Lembang-Bandung

Retreat Pendeta & Keluarga 2 Klasis, GBKP Klasis Jakarta-Bandung & Jakarta-Banten tahun 2011 dilaksanakan tanggal 11-13 Januari 2011 di Hotel Yehezkiel-lembang. Kegiatan yang sudah menjadi program rutin setiap tahunnya ini diikuti 35 keluarga pendeta yang ada di dua klasis. Semua peserta retreat mengikuti acara yang dikemas sesuai dengan masukan-masukan, baik masukan pada waktu evaluasi retrat di Bali & Lombok tahun 2010, juga masukan pada waktu arisan pendeta & Keluarga yang dilaksanakan setiap bulan di wilayah Jadebobek. Acara yang dikemas tidak terlaku padat acara, tetapi juga tidak terlalu santai. Disamping satu session Ceramah dengan topik “menghadapi orang sulit” (sulit di dalam organisasi, sulit dalam mitra kerja, sulit dalam keluarga, sulit dalam jemaat) yang dibawakan Pdt.Binsen Samuel Sijabat, Ed.D. juga Kebaktain pembukaan dan PA (Penelahan Alkitab) pagi yang diarahkan kepada pendalaman mengenai spiritualitas.

Kebaktian pembukaan yang dipimpin Pdt.Karvintaria br.Ginting,S.Th (Pdt. GBKP Rg.Cijantung) berbicara mengenai “Spiritualitas Pelayanan”; PA pagi tanggal 12 Januari 2011 dipimpin Pdt.Raskolamta S.Colia, M.Th berbicara mengenai “Spiritualitas dalam keluarga”; PA pagi tanggal 13 Januari 2011 dipimpin Pdt.Miasai Meliala, S.Th berbicara mengenai “Spiritualitas dalam Persekutuan”. Juga permainan-permaian yang dikemas sedemikian rupa yang dibawakan Pdt.Iswan Ginting, Pdt.Johanes Karosekali, dan malam ke akraban yang dibawakan Pdt.Juris tarigan menambah terciptanya suasana kebersamaan dan kekeluargaan. Dan juga acara yang dianggap penting dalam setiap kali retreat Pendeta & keluarga adalah “sharing dari hati ke hati” dan “evaluasi pelaksanaan retreat dan rencana retraat tahun 2012” dipimpin Pdt.S.Brahmana dan Pdt.Rehpelita Ginting.

Dalam acara sharing dan evaluasi ini, beberapa peserta mengemukakan bahwa retreat tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, diharapkan tahun 2012 lebik baik lagi, khususnya dalam mengkemas acara sehingga tujuan retraet yakni penyadaran diri, perubahan diri dan komitmen lebih mencapai sasaran. Juga sehubungan dengan kode etik pendeta diharapkan agar hasil Konven Wilayah IV khususnya mengenai pelayanan Sakramen dan Pemberkatan Nikah di bukukan dan di sosialisasikan. Salah satu keputusan Konven Wilayah IV tanggal 18-19 Oktober 2010, disepakati agar pelayanan Sakramen (Perjamuan Kudus, Baptidan Kudus) dan Pemberkatan Nikah dilaksanakan sepenuhnya oleh Pendeta Jemaat, kecuali berhalangan seperti cuti, sakit. Demikian juga disepakati retreat tahun 2012 dilaksanakan di Makasar/Toraja. Tempat ini dipilih mengingat di Makasar ada Perpulungan (Bakal Jemaat) GBKP dan biaya juga tidak terlalu besar.

Dalam acara retreat ini, juga yang berkesan kehadiran keluarga Pt.Nd.Vera Pinem, anggota jemaat GBKP bandung Pusat pada hari kedua, tanggal 12 januari 2011 jam 20.00 WIB membawa minuman bandrek dan gorengan. Pertua ini mengucap syukur karena hari itu ia genap berulang tahun ke 59 tahun. Demikian juga hari ke tiga, Nd.Eva Sinulingga, pemilik Hotel Yehezkiel datang khusus bertemu dengan peserta retreat membawa oleh-oleh, khususnya oleh-oleh bagi nora pendeta, juga membagikan Biografi Nd.Eva Sinulingga. Tuhan memberkati ke dua keluarga ini.
Setelah makan siang, tanggal 13 Januari 2011 peserta retreat pulang ke tempatnya masing-masing, khusus Pdt.Andreas Josef Tarigan belum pulang ke Surabaya karena mengikuti kuliah di STT Cipanas //Asbrahm.


Artikel lain yang terkait:



0 komentar:

Post a Comment