Monday 27 September 2010

Sidang GBKP Klasis Jakarta-Bandung ke XXII tgl.25-26 September 2010 di Hotel Rudian-Cisarua

Sedang Klasis Jakarta-Bandung ke XXII, yang dilakukan pada tanggal 25-26 Oktober 2010 di Hotel Rudian Cisarua, dihadiri oleh 20 Majelis Jemaat (Runggun) dari 21 Majelis Jemaat yang ada diwilayah GBKP Klasis Jakarta-Bandung, dengan keseluruhan peserta 95 orang. Moderamen yang hadir, Pdt.DR.Erick Barus (Kabid Koinonia). Sidang klasis ini merupakan persidangan yang pertama bagi BP GBKP Klasis Jakarta-Bandung periode 2010 s/d 2015 yang terpilih pada Sidang Klasis yang ke XXI di Kaliurang-Jogyakarta tanggal 28-30 Mei 2010. Persidangan yang dilakukan selama 2 hari ini, disamping membahas Laporan Kegiatan periode Juni-September 2010, Program Jangka pendek Oktober-Desember 2010, juga membahas program tahun 2011.

Persidangan dimulai pada pukul 10.00 WIB, diawali kebaktian pembukaan yang dipimpin Pdt.Sura Purba Syahputra, S.Th. dengan nas renungan dari 2 Korintus 13:5-10. Setelah pembukaan/pengesahan persidangana oleh ketua klasis, sebelum pengarahan untuk masuk ke dalam sidang kelompok yang dipandu Sekretaris Klasis, diberikan kesempatan kepada Moderamen memberikan sambutan/pesan kepada peserta sidang. Juga diberikan kesempatan kepada panitia pengumpulan dana pembangunan GBKP Suban klasis Sumbagsel, Pt.Em.NJ Sembiring untuk menyampaikan pengumuman mengenai acara pengumpulan dana yang akan dilakukan pada tanggal 17 Oktober 2010 di GBKP Jakarta Pusat pada pukul 08.30 WIB-selesai.

Peserta sidang dibagi ke dalam 4 kelompok. Kelompok Umum, Koinonia, Marturia dan Diakonia, dan kelompok Keuangan. Setelah makan malam, tepatnya pukul 19.30 dilanjutkan sidang peleno I. Dimulai dari kelompok umum yang dipimpin Kristian Ketaren dan Dk.Risman Sembiring sebagai ketua dan sekretaris kelompok didampingi ketua klasis dan sekretaris klasis; kelompok Koinonia yang dipimpin Dk.Gusten Pinem dan Rico tarigan sebagai ketua dan sekretaris kelompok didampingi wakil sekretaris klasis (Pt.Eddy T.Keliat). Ibadah malam dipimpin Pdt.Rena Tetty Br.Ginting,S.Th dengan pembacaan Firman dari Yeremia 20:7-11.
Setelah kebaktian Minggu tanggal 26 September 2010 yang dipimpin Pdt.S.Brahmana,S.Th,MA, sebelum dilanjutkan sidang peleno yang ke II, dipimpin wakil sekretaris klasis memperkenalkan BP.GBKP Klasis Jakarta-Bandung, Badan Penunjang dan seksi. Juga memberikan kesempatan kepada pendeta-pendeta yang baru mutasi ke klasis Jakarta bandung dan baru pertama mengikuti sidang klasis untuk memperkenalkan diri. Ada 7 orang pendeta yang baru mutasi (1) Pdt.Saul Ginting,S.Th ke GBKP Klender; (2) Pdt. Iswan Ginting Manik ke Rg.GBKP Cililiten; (3) Pdt.Ediwati Br.Ginting, S.Th ku Rg.GBKP Bogor; (4) Pdt. Andarias Brahmana ku Rg.GBKP Pondok Gede; (5) Pdt. Johanes Karosekali ku Rg.GBKP Bandung Pusat; (6) Pdt.Rena Tetty Br.Ginting ku Rg.GBKP Bandung Timur; (7) Pdt.Carvintaria Br.Ginting ku GBKP Cijantung. Yang belum hadir mengikuti sidang klasis kali ini, Pdt.Johanes Karosekali dan Pdt.Carvintaria Br.Ginting. Selanjutnya juga diberikan kesempatan kepada panitia pengumpulan dana pembangunan GBKP Klender untuk menyampaikan pengumuman mengenai acara pengumpulan dana yang akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 03 Oktober 2010 pada pukul 09.30 di GBKP Bekasi, sekaligus menyampaikan harapan agar semua runggun ikut mengambil bagian mengingat dana yang dibutuhkan cukup besar, 1.5 M. Menurut ketua Majelis GBKP Klender yang mewakili ketua panitia, C.Suruhen Ginting,SH, dana 1.5 M itu untuk membeli 3 ruko yang selama ini dipakai tempat beribadah. Rencananya ruko ini direovasi menjadi tempat beribadah dan rumah pendeta. Dana ini dibutuhkan mendesak oleh karena sipemilik ruko memberikan batasan waktu dengan harga 1,5 M hingga Desember 2010.
Sidang pleno ke II membahas hasil sidang kelompok Marturia dan Diakonia yang dipimpin Dk.Helen Rosalina Br.Manik dan Dk.Elisabet Br. Surbakti sebagai ketua dan sekretaris kelompok di dampingi dari BP Klasis Pt.Hendri Sembiring dan Dk.Ferdinan M.Sinuhaji, dilanjutkan membahas hasil sidang kelompok keuangan yang dipimpin Pt.Kongsi Ginting dan Riani Br.tarigan sebagai ketua dan sekretaris kelompok, didampingi BP Klasis Pt.Tjanta Sinulingga.
Secara umum apa yang telah diputuskan dalam kelompok dapat diterima peserta pleno dengan beberapa catatan. Pertama, mengenai program agar dibuat sejelas mungkin mengenai kapan dan dimana tempat pelaksanaan program; Kedua, efesiansi anggaran perlu diperhatikan, orientasi program dan anggaran lebih difokuskan terhadap pelayanan kepada jemaat dari pada rutinitas organisasi; Ketiga, agar sistem administasi dibuat lebih baik.
Walaupun pembahasan dalam bagian-bagian tertentu cukup a lot dan menghabiskan banyak waktu, namun berkat kedewasaan semua peserta sidang, acara dapat berakhir sesuai dengan jadwal acara. Setelah sidang ditutup oleh ketua klasis, dilanjutkan ibadah pengutusan yang dipimpin Pdt.Ediwati Br.Ginting, S.Th dengan pembacaan Firman Tuhan dari Roma 1:16 dan Efesus 5:16//asbrahm


Artikel lain yang terkait:



0 komentar:

Post a Comment