Thursday 19 May 2011

Khotbah Filipi 3:1-10, Pekan Keluarga Wari V (Kamis, 9 Juni 2011)

Introitus:
Dage, ersinalsal lah min terangndu i lebe-lebe kalak si nterem gelah adi idahna perbahanenndu si mehuli, ipujina Dibata, Bapandu si i Surga (Matius 5:16)

Pembacaan: Matius 5:13-16; Khotbah: Fiipi 3:1-10

Thema:
Keluarga dan Budaya (Adat)

Pembahasan
Pembacaan kita menyebutkan bahwa kita adalah gar am Dunia. Manuaia diciptakan Allah secara khusus menjadi pemelihara ke;estarian dari ciptaanNya. Garam yang dipakai Allah untuk mengutuhkan ciptaanNya. Memelihara supaya ciptaan Allah tidak menjadi tawar dan musnah. Ciptaan yang lestari dirawat dengan kesempurnaan Allah dan menjadi kemuliaan Allah bagi Allah sampai selama-lamanya, sampai Kristus datang ke dua kali.

Kita juga diciptakan Allah, menjadi terang, untuk memelihara terang Allah dan menjadikan dunia terang dalam kemuliaan Allah. Menjadi terang di atas kaki dian yang menerangi bumi. Terang yang menyelimuti dunia dengan perbuatan yang baik dan yang memuliakan Bapa Surgawi.

Khotbah kita menekankan perlu kehati-hatian atas pekerja-pekerja jahat, anjing-anjing, penyunat palsu, hal-hal yang lahiriah, bukan bukti-bukti duniawi tapi berkat sorgawi. Paulus disunat pada hari kedelapan, bangsa Israel, suku Binyamin, orang Ibrani, orang Parisi. Semuanya itu (status itu) dahulu kuanggap keuntungan, tetapi sekarang kerugian, karena Kristus.

Berada dengan Tuhan, bukan karena kebenaran sendiri mentaati Hukum Taurat. Melainkan dengan percaya kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah berikan. Dan yang kukehendaki mengenal Dia dan kuasa kebangkitanNya, persekutuan dalam penderitaanNya. Aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematianNya.

Penekanan/Penerapan Firman bagi keluarga dan kebudayaan:

  1. Keluarga Kriaten adalah Garam Dunia. Ditempatkan untuk melestarikan kebenaran Hidup keluarga di dalam Tuhan. Dan Mengarami kehidupan masyarakat dalam berbudaya (baca adat)
  2. Menjadi terang dunia, dengan meneladani kehidupan Kristus (Matri untuk keselamatan ciptaanNya). Menjadi Kota yang terletak di atas gunung. Menjadi contoh dalam kehidupn dan prilaku hidup dan budaya.
  3. Demikianlah hendaknya Terangmu bercahaya di-depan orang ( baca: Keluarga dan Budaya), supaya mereka melihiat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di Sorga.
Pdt.Miasi S.Meliala
TMII

Catatan Sermon:
  1. Labo gundari saja, adat lebih dominan asangken kiniteken/kebiasan kristen, ibas zaman Paulus pe bage. Emaka kai sinicakapken kita enda relevan pe ibas zamanta enda.
  2. Nina Paulus, ndube patuh ia kubas adat/kebiasan kiniteken sindekah, tapi genduari enggo itadingkenna. Engkai maka bage? Erkiteken enggo itandaina Kristus Yesus. Enggo datna kesimpulenna, maka manusia labo banci terkelin adi ngasamken ndalanken undang-undang ntah pe kebiasaan sindekah uga gia iakap ulina.
  3. Tentu adatta kalak karo labo sampah. Adatta pe mbue nilai-nilai simehuli sibanci ipake ibas ndalani kegeluhen. Saja adat e perlu iterangi pengangkan kerna kata Dibata segelah adat la siban tujun enggeluh (pembenaren) amin uga gia ulina. Adat si la bertentangen ras kiniteken si dalanken ras sipertahanken.
  4. Kebiasan sindekah ibas kalak Farisi, Yahudi sangat itekanken sehubungen ras kebenaren ilebe-lebe Dibata, tapi nina Paulus labo e sipenting tapi ngaloken perkuah ate Dibata, kiniteken man Kristus. Keselamaten ianggap sebagai warisen (Paulus pe ope nandai Kristus bage nge pemahamenna), tapi kenca itandaina Kristus Yesus, pengangkan enda berubah. Keselamatan labo otomatis erkiteken ia kalak Farisi, erkiteken ia isunat, tapi eme “anugrah” (pemere) Dibata arah kiniteken ras persadan ras Kristus Yesus.


Artikel lain yang terkait:



0 komentar:

Post a Comment