Tuesday 15 April 2014

Renungan / Khotbah Kisah Para Rasul 10:34-43, Minggu 20 April 2014 (Paskah)

Introitus : 
Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu? (1 Korintus 15 : 55)

Bacaan : Mazmur118 : 1-2, 14 – 24 (Antiphonal); Khotbah : Kisah Para Rasul10 : 34-43

Thema : Sungguh Yesus telah Bangkit, Beritakanlah

Kata Pembuka
Paskah (ibrani) Pesakk = Lewat. Bagaimanaumat Israel di perintahkan menyembelih seekor anak domba, darahnya dibubuhkan di tiang dan ambang pintu rumah mereka jadi tanda, sehingga orang Israel dilewati, luput dari kematian anak sulung di Mesir.

Paskah dalam Perjanjian Lama adalah perbuatan Allah membebaskan umat Israel dari perbudakan bangsa Mesir (Kel 12-13).

Paskah dirayakan sebagai hari pelepasan Israel sangat penting dan menjadi dasar penyembahan mereka kepada Allah, yang harus di ajarkan turun-temurun dan dirayakan tiap tahunnya. (Ul 6: 1-12, Ul 16:1-8, Luk 2: 41-42).

Paskah dalam Perjanjian Baru
AdalahharikebangkitanYesusKristusdari Antara orang mati, membebaskan kita dari kuasa Dosa dan kuasa Maut.

Yesus Kristus menggenapi apa yang diajarkanNya. Anakmanusia itu harus menderita di bunuh, mati disalibkan dan padahari ketiga dibangkitkan serta hidup kekal (Mat 16:21; Mat 17: 22-23; Mat 20: 18-19).

Benar –benarterjadi, Yesus mati disalibkan demi penebusan dosa manusia, dikuburkan dan dibangkitkan Allah pada hari ketiga.
a) Kesaksian ketiga perempuan pergi kekubur Yesus, Pintu kubur terbuka, mereka bukan jumpa Yesus, tapi Malaikat Tuhan berkata: Jangantakut, jangan cari Yesus disini, Dia telah bangkit, seperti yang dikatakanNya (Mat 28:1-10).
b) Ia harus bangkit dari Antara orang mati dan menampakkan diriNya ( Yoh 20: 9 -20)
c) Mengapa kamu mencari Dia yang hidup diantara orang mati ? Ia tidak ada disini, Ia telah bangkit, ingatlah apa yang dikatakanNya ( Luk 24 : 5 – 7).

MaknakebangkitanYesusKristus
  1. Kebangkitan Yesus dari kematian Nya suatu peristiwa yang sangat penting dalam sejarah, Yesus sungguh bangkit dan hidup kembali dan menampakkan diriNya kepada Murid-muridNya.
  2. Kuasa dosa telah di tebus dan kuasa iblis (okultisme) Roh jahat telah dikalahkan Yesus Kristus (Mat 4:10-11 ; Kis 10: 38-40).
  3. Tuhan Yesus telah menyatakan diriNya kepada Murid-muridNya lebih 500 orang menyaksikannya sebagai bukti Yesus benar bangkit dari antara orang mati sesuai Kitab Suci( 1Kor 15:1-7).
  4. Tanpa kulihat bekas paku dan mencucukkan tanganku dilambungNya, sama sekali aku tidak percaya. Kembali Yesus menampakkan diriNya pada Thomas, taruhkan jarimu, lihatlah tanganKu dan cucukkan tanganmu kelambungku dan jangan engkau tidak percaya lagi. “Berbahagialah orang percaya walau tidak melihat Aku( Yoh 20: 25-29).
Pemberitaan Paskah
Sebagai orang Kristen apakah kita tergolong orang modern yang banyak kali bertanya tentang kematian dan kebangkitan Yesus dari Antara orang mati. Benarkah Yesus sudah bangkit ? apa jawab saudara ? Ya sungguh Yesus telah bangkit.

a) Andai kata Kristus tidak dibangkitkan maka sia-sia pemberitaan kami, dan sia-sialah kepercayaan kamu dan kami masih hidup dalam dosa mu (1Kor15 : 14 + 17).

b) Yang baru ialah Kristus telah bangkit dari antara orang mati (1Kor 15 : 20).
  • Sebagai seorang Kristen percayaakan kesaksian Alkitab, dan mengimaninya, karena itulah Kuasa perbuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang percaya (Roma 1:16). “Hai maut dimanakahkemenaganmu?Hai maut dimanakahsengatmu?”( 1Kor 15 : 55).
  • Marilah kita merayakan Paskah dengan sukacita. Di dalam Yesus tidak ada lagi Jahudi dan non Jahudi, siapa saja bangsa manapun yang takut akan Tuhan dan mengamalkan kebenaran serta percaya mendapat pengampunan dosa dalam nama Nya (Kis 10 : 34-35 ; Kis 10: 43)
  • Gereja dan umat Kristen adalah penerus pemberitaan Paskah.
  • Undangan Paskah untuk undangan sebagai korban perdamaian Allah dan manusia dalam Yesus Kristus (2 Kor 5:17-21). Dan sebagai undangan berkorban bagi sesama manusia melalui tenaga, pikiran, materi berbagi kasih bahkan nyawa sekalipun demi kemuliaanTuhan.
  • Merayakan Paskah berarti bangkit dan pergi sampaikan Salam damai Sejahtera kepada sesama manusia, bagi kebahagian semua orang.
Selamat Merayakan Paskah Tuhan Yesus bangkit dan telah menang !

Depok, 16 Maret 2014
Pdt. Em. M.K. Sinuhaji.


Artikel lain yang terkait:



0 komentar:

Post a Comment