Monday 21 September 2009

Pengukuhan & Pentahbisan Pertua-Diaken, dan Pemilihan BP.Majelis GBKP Pd.Gede

Pengukuhan dan Pentahbisan Pertua-Diaken GBKP Majelis Pondok Gede dilaksanakan pada kebaktian Minggu 13 September 2009, kebaktian ke dua (jam 09.00 WIB) oleh Pdt.S.Brahmana, yang merupakan PKPW (Pelayan Khusus Penuh Waktu) GBKP Pondok Gede. Berbeda dengan periode-periode sebelumnya, pengukuhan dan Pentahbisan pada periode 2009-2014 ini semua Pertua-Diaken sudah memakai toga dan setola, kecuali yang ditahbiskan hanya memakai toga, baru setelah ditahbisan dikenakan atau dipakaikan stola. Pertua yang dikukuhkan/Ditahbiskan: 21 orang (Pt.Liasta Ginting Suka, Pt.Kumpul Sinuraya, Pt.James Karosekali, Pt.Harta Indra Tarigan, Pt.Syukursyah Ginting, Pt.Maden Depari, Pt.Masnim Meliala, Pt.Josua Surbakti, Pt.Galian Kaban, Pt.Sentosa Ketaren, Pt.Darwin Tarigan, Pt.Jasa Tarigan, Pt.Tehna Bana Sitepu, Pt.Elison Tarigan, Pt.Dasmah Sinulingga, Pt.Sudiaman Ginting, Pt.Dewan Pelawi, Pt.Junedi Ginting, Pt.Malemteta Ginting, Pt.Budiman Sitepu, Pt.Giatta Ketaren). Diaken yang dikukuhkan: 13 orang (Dk.Kumpul Br.Gurusinga, Dk.Nuraini Br.Pelawi, Dk.Mariani Br.Ginting, Dk.Edy Seem Ginting Jawak, Dk.Muliana Br.Sinuraya, Dk.Josephine Malem Ukur Br.Ginting, Dk.Kemmi Br.Tarigan, Dk.Adelina Br.Barus, Dk.Elmianta Br.Purba, Dk.Meraita Br.Sembiring, Dk.Bebas Sembiring, Dk.Mawarta Br.sembiring, Dk.Sikap Malem Br.Karo).
Dalam Khotbahnya berdasarkan Kisah Para Rasul28:1-10 dengan Thema Perbahanen simehuli mpeturah kemalemen ate (Perbuatan baik mendatangakan sukacita), Pdt.S.Brahmana memberikan 3 Pointer Aplikasi:
1.Bersedia menjadi Pertua-Diaken berarti bersedia melakukan perbuatan yang baik. Benar bahwa pekerjaan ini tidak gampang, karena itu tidak semua orang dipanggil menjadi pelayan khusus. Panggilan khusus ini diberikan kepada orang-orang yang khusus yang dianggap mampu untuk melakukannya. Walaupun tidak mudah tetapi kita pasti bisa melakukan. Bersama Tuhan kita bisa. Sebab Allah yang memanggil kita, bukan memanggil begitu saja tetapi Ia juga memberikan kita kemampuan untuk melakukannya. Karena itu yang penting tetaplah hidup di dalam Tuhan, sebagaimana disebutkan dalam Yohanes 15:5 bahwa kita tidak akan dapat berbuah dan juga tidak dapat berbuat apa-apa kalau kita diluar Tuhan. Artinya hanya dengan mengandalkan Dia, kita dapat melakukan perbuatan baik yang melaluinya Allah dipuji dan dimuliakan.
2.Janji Allah kepada Abraham, berlaku juga bagi kita sebagai anak-anak Abraham dalam iman. Dalam Kejadian 12:3 Allah berjanji kepada Abraham: “Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat”. Demikian juga dalam Markus 9:41Yesus mengatakan: “Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya”. Demikianlah penduduk pulau Malta yang berbuat baik diberkati, tentu terlebih lagi setiap orang yang sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan Yesus melakukan perbuatan baik akan diberkati. Hal inilah yang diamini Paulus sehingga ia menulis suratnya kepada jemaat Efesus 6:8 “Kamu tahu, bahwa setiap orang, baik hamba, maupun orang merdeka, kalau ia telah berbuat sesuatu yang baik, ia akan menerima balasannya dari Tuhan. Kalau demikian marilah kita semua dengan tidak jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.
Dalam acara kebaktian, juga diisi persembahan puji-pujian oleh (1) Koor Runggun, (2) Solo:Noami Br.Barus, (3) Permata, (4) Sektor 5 (Ulih Latih Simerdang). Kebatian selesai pada jam 12.30.
Setelah makan siang bersama, di lanjutkan Sidang Majelis dengan agenda khusus pemilihan Badan Pekerja Majelis Jemaat. Untuk memimpin acara pemilihan ditetapkan 3 orang Pertua Emeritus: (1) Pt.Em.Nj.Sembiring, (2) Pt.Em.Sekula Tarigan, (3) Pt.Em.J.Kenal Brahmana. Cara pemilihan khusus untuk ketua majelis (kordinator) dan 3 ketua bidang (Koinonia, Marturia, Diakonia), disepakati dipilih satu per satu. Bila dalam pemilihan awal tidak memperoleh suara 1/2 + 1 (setengah tambah satu), maka dua suara terbanyak dipilih ulang. Untuk Ketua/kordinator dengan dua kali pemilihan terpilih Pdt.S.Brahmana,S.Th,MA, Ketua Koinonia dua kali pemilihan terpilih Pt.Liasta Ginting Suka, Ketua Marturia sekali pemilihan terpilih Pt.Sudiaman Ginting, Ketua Diakonia dengan sekali pemilihan terpilih Dk.Josephine Malem Ukur Br.Ginting. Untuk pemilihn sekretaris dan wakil sekretaris, ditetapkan hanya sekali, suara terayak sebagai sekretaris dan terbanyak ke dua sebagai wakil sekretaris dan terpilih Pt.Junedi Ginting sebagai sekretaris dan Pt.Kumpul Sinuraya sebagai wakil Sekretaris. Demikian juga pemilihan bendahara dan wakil bendahara sama dengan cara pemilihan sekretaris dan wakil sekretaris dan terpilih Pt.Elison Tarigan sebagai bendahara dan Pt.Harta Indra Tarigan sebagai wakil bendahara.
Dan dalam sidang juga telah ditetapkan rencana pelantikan BP.Majelis yang baru pada tanggal 27 September oleh Klasis Jakarta Bandung yang di wakili Pdt.Ezra Bukit sebagai Ketua Bidang Koinonia (asbrahm/SB).


Artikel lain yang terkait:



0 komentar:

Post a Comment