Friday 23 September 2011

Harapan GBKP Tanjung Parindu-Kalimantan Barat Terkabul

Program Perkunjungan BP GBKP Klasis Jakarta Bandung ke GBKP Pontianak dan Tanjung Parindu tahun 2011 berketepatan sekaligus dalam rangka mengantarkan dan penyerahan vikaris Dasma Sejahtra Turnip,S.Th kepada GBKP Tanjung Parindu.

GBKP Parindu merupakan hasil PI dan pelayanan GBKP Pontianak, oleh karena itu sebelum ke Parindu tanggal 8 September 2011 setelah BP Klasis dan Vikaris tiba di Pontianak dan dijemput ke bandara oleh Pdt.Boni Ginting dan juga supir Pt.Tehna Bana diinapkan di Hotel Kapuas Pintianak, malamnya diadakan pertemuan dengan majelis GBKP Pontianak. Pokok pembicaraan sehubungan dengan kehadiran vikaris yang ditempatkan Moderamen di GBKP Parindu. Disepakati agar BP Majelis Jemaat dan beberapa jemaat dapat menghadiri penyerahan dan penyambutan vikaris pada kebaktian Minggu tanggal 11 September 2011 di GBKP Parindu.

Dan sebagaimana telah dijadwalkan sebelumnya, pada tanggal 9 September 2011 rombongan BP Klasis yang terdiri dari Pdt.S.Brahmana, Pt.Eddy Temanta Keliat beserta vikaris, juga rombongan Bp.Majelis GBKP Pontianak Pdt.Boni Ginting, Pt.Tarmansius Ginting, Hardi Ginting, Bp.Sandi Surbakti berangkat ke Ngabang. Pukul 13.00 WIB berangkan dari Pontianak tiba di Ngabang pada pukul 20.00 WIB dikarenakan macet di jalan. Walaupun acara terlambat dilaksanakan, tidak mengurangi sukacita jemaat dan juga orang Karo Ngabang mengikuti acara yang sudah ditetapkan yakni Kebaktian dipimpin Pdt.S.Brahmana, perkenalan dan sambutan sehubungan penempatan Vikaris di GBKP Tanjung Parindu, baik dari BP Klasis, BP Runggun Pontianak, juga yang mewakili jemaat GBKP Parindu yang ada di Ngabang. Jemaat dan orang karo Ngabang yang hadir dalam acara yang dilaksanakan di rumah Somon Ginting (Bp.Weni) ini ada 50 orang.

Pada tanggal 10 September 2011, setelah sarapan pagi, rombongan BP Klasis dan BP Majelis Pontianak berangkat menuju Tanjung Parindu untuk makan siang di rumah Pt.Sem A.Ginting dan seterusnya berangkat ke Sanggau. Pada pukul 16.00 WIB tiba di Sanggau dan langsung ke tempat menginap, rumah Kel.Jaksi Ginting (Bp.Andri) jl. Sudirman No.12A Buntut, Kel.Buntut, Kec.Kapuas, Kab.Sanggau. Pada malamnya pada pukul 19.00 WIB menghadiri PJJ di rumah Pt.Drs.Ginting Ginting (Bp.Sella) jemaat yang hadir 50 Orang. Juga dilaksanakan acara perkenalan dan sambutan dalam rangka kehadiran Vikaris. Pada tanggal 11 September 2011, sebelum berangkat ke Gereja Tanjung Parindu untuk melakukan ibadah Minggu yang sudah di jadwalkan di mulai pada pukul 09.00 Wib, terlebih dahulu melakukan kegiatan memasuki Rumah baru keluarga Ir.Malem Ukur Sembiring (Bp.Kris) dengan acara kebaktian yang dipimpin, liturgi Pdt.Boni Ginting dan Khotbah Pdt.S.Brahmana. Jemaat yang hadir 35 Orang.

Kebaktian Minggu di GBKP Tanjung Parindu dipimpin, Liturgi Pt.Sem A.Tarigan dan Khotbah Pdt.S.Brahmana. Setelah selesai kebaktian dilanjutkan kata-kata sambutan dan makan siang bersama. Dalam kata sambutannya, BP Klasis menjelaskan antara lain bahwa di GBKP masa vikaris 2 tahun, oleh karena itu diharapkan selama dua tahun masa vikaris, Dasma Sejahtera Turnip,S.Th dapat ditahbiskan menjadi pendeta. Oleh karena itu diharapkan jemaat, khususnya pertua-diaken dan BP Majelis jemaat dapat bekerja sama sehingga tujuan kehadiran seorang pikaris dapat terwujud, yakni vikaris juga dapat dipersiapkan menjadi seoang pendeta dan jemaat juga semakin bertumbuh dan berkembang. Keberhasilan masa vikaris banyak tergantung bukan saja dari pihak vikaris tetapi juga jemaat, majelis jemaat dan BP Majelis. Dari pihak BP Majelis Jemaat juga dalam kata sambutannya menyatakan sangat bersyukur dan menyambut gembira di daerah mereka ditrempatkan vikaris, oleh karena itu mereka juga berjanji untuk memperhatikan apa yang perlu seperti tempat tinggal, kesejahteraan dan transportasi mengingat Jemaat GBKP Tanjung Parindu juga ada di Ngabang dan Sanggau yang masing-masing l/k 1 jam perjalanan atau jarak tempuh.

Kebaktian ini dihadiri l/k 76 orang jemaat dan kolekte Rp.630 ribu. Acara selesai pada pukul 14.00 WIB, dan rombongan baik BP Klasis, Bp.GBKP Runggun dan jemaat Pontinak yang juga hadir dalam rangka penyerahan Vikaris, juga Vikaris kembali ke Pontianak.

Setiba di Pontianak kembali, BP Klasis dan Vikaris langsung diantar ke penginapan Wisma Polisi dan pada malam harinya, tanggal 11 September 2011 di Pontianak diadakan pertemuan dengan jemaat GBKP Pontianak sehubungan dengan ditempatkannya Vikaris di GBKP Tanjung Parindu. Setelah acara perkenalan, kata-kata sambutan, dilanjutkan ceramah pendalaman GBP GBKP tahun 2010-2015, khususnya enyangkut Visi dan Misi GBKP serta proritas Program tahun 2011 dan juga sosialisasi proritas program tahun 2012 agar dalam pembuatan program Runggun mengacu kepada proritas program tersebut.

Pada tanggal 12, pada pukul 14.20 Pt.Eddy Temanta Keliat lebih dahulu kembali ke Jakarta, dan pada malam harinya pada pukul 20.00 Wib diprakarsai Mamre GBKP Pontianak dilaksanakan ceramah “pendalaman Makna Liturgi” yang dibawakan Pdt.S.Brahmana. Dalam tanya jawab, banyak pertanyaan yang dilontarkan antara lain mengapa “amin” 3X setelah Votum/salam ketika dinyanyikan berbeda dengan “amin” 3X pada waktu setelah pemberkatan/pemasu-masun. Dan juga salah satu pertua mengemukakan bahwa jikalau Liturgi kebaktian di GBKP sungguh-sungguh dilakukan dengan baik sesuai dengan pemahaman setiap bagian liturgi baik oleh Liturgos maupun jemaat sebagaimana yang telah dijelaskan sungguh luar biasa, sungguh akan membuat ibadah berkualitas karena itu katanaya melanjutkan, patut diberikan apresiasi kepada yang membuat liturgi GBKP ini.

Pada tanggal 13 September 2011, pada pukul 14.20, Pdt.S.Brahmana kembali ke Jakarta//asbrahm.


Artikel lain yang terkait:



0 komentar:

Post a Comment