Saturday 20 October 2012

WISATA ROHANI LANSIA GBKP KLASIS JAKARTA-BANDUNG

Wisata Rohani Lansia yang menjadi program Kabid Diakonia berkolaborasi dengan Kabid Marturia GBKP Klasis Jakarta-Bandung telah dilaksanakan pada tanggal 14-17 Oktober 2012 ke Buluhawar,  Puncak Salib di Retreat Center dan taman Iman di Sidikalang. Acara ini dilaksanakan setelah SKS dan SPK tanggal 10-13 Oktober 2012 di PPWG Kabanjahe sehingga BP Klasis dapat mendampingi kegiatan Wisata Rohani Lansia ini. Walaupun Lansia yang mengikuti acara ini hanya 14 Orang dan 7 orang BP Klasis, namun semua kegiatan yang telah di rencanakan berjalan dengan baik dan penuh makna. Semua lansia merasa bersyukur dapat mengikuti acara ini yang dikemas dengan baik serta didampingi BP Klasis dan mereka berharap agar tahun depan acara wisata rohani masih dilakukan.

Pada hari Minggu, 14 Oktober 2012 mengunjungi Buluh Awar sekaligus beribadah bersama dengan jemaat GBKP Buluh Awar pada pukul 10.30. Ibadah ini dipempin majelis setempat sebagai liturgis dan yang berkhotbah Pdt.Esra Bukit (Kabid Diakonia GBKP Klasis Jakarta- Bandung). Setelah makan siang bersama dengan menu khas Lomok-lomok dan gule Ikan Emas, dilanjutkan acara menari Gendang Keyboard dan ndurung (menangkap ikan emas di kolam). Pada pukul 17.00 Wib, rombongan kembali ke RC Sukamakmur. Pada tanggal 15 Oktober 2012 dilaksanakan retreat di Puncak Salib yang dipimpin oleh Pdt.Merry Tatuwo,S.Th. Tanggal 16 Oktober 2012 berangkat ke Taman Iman Sidikalang. Perjalanan ke Sidikalang ini sangat berkesan bagi semua peserta. Ketika mau berangkat dari RC Sukamakmur, Bus Wisata yang telah dicharter mogok bukan karena kehabisan bahan bakar atau rusak mesin tetapi karena supirnya kurang berpengalaman sehingga ketika berbelok ia melalui rerumputan dan akibatnya bus tertahan ditanah lembek. Setelah lebih kurang satu jam dengan segala upaya akhirnya bus biasa keluar dari tanah lembek tersebut dan berangkat menuju Taman Iman Sidikalang via Kabanjahe. Setelah tiba di Sidikalang, sebelum ketaman Iman peserta terlebih dahulu makan siang di Rumah Bp.Orkas Sitepu (Prumnas Kalang Simbara). Ketika mau berangkat ke taman iman, kembali bus bermasalah karena pada waktu mau parkir ban depan dan belakang sebelah kanan terperosok ke got sehingga peserta harus naik angkot ke taman Iman. Di Taman Iman ini disamping dapat menyaksikan cerita Alkitab melalui patung-patung yang dibuat, seperti patung Abraham memegang pisau yang hendak meyembelih anaknya Ishak, Perahu Nuh, dan khususnya jalan salib Yesus Kristus, juga disediakan tempat berdoa dibawah salib yang dibuat sedemikian rupa. Pada pukul 17.00 Wib rombongan pulang ke RC Sukamakmur dengan 3 mobil travel oleh karena bus wisata masih belum dapat dikeluarkan dari tempat terperosok. Sebelum ke RC Makmur peserta makan malam di PPWG Kabanjahe dengan menu gule ayam kampung. Walaupun wisata rohani ke Taman Iman-Sidikalang kurang mulus, tetapi tidak mengurangi sukacita peserta. Bahkan mereka memahami bahwa apa yang terjadi, khususnya mengenai bus yang terprosok di got sehingga pulangnya harus naik kenderaan travel, menunjukkan kebaikan Allah. Sebab peserta merasakan jikalau pulang dengan bus wisata mungkin akan mengalami sesuatu yang membahayakan sebab pada waktu perginya kelihatan sekali bahwa supir bus tidak menguasai medan perjalanan yang sempit dan berkelok-kelok sehingga membuat para lansia spot jantung khususnya ketika berselisihan dengan bus atau kenderaan besar.

Pada tanggal 17 Oktober 2012, peserta wisata meninggalkan RC Sukamakmur ada yang pada hari itu pulang kembali ke Jakarta, ada yang masih berkunjung ketempat keluarga.//asbrahm.
                                                                                


Artikel lain yang terkait:



0 komentar:

Post a Comment