Sunday 3 February 2013

Sebutan Peringatan HUT Pernikahan

Setiap pasangan yang telah menikah, pasti akan memperingati ulang tahun pernikahannya setiap tahun. Dirayakan dengan pesta ataukah tidak tergantung dari yang bersangkutan. Ada yang memperingatinya setiap tahun dengan perayaan-perayaan tertentu sebagaimana orang memperingati ulang tahun kelahiran.

Perayaan atau peringatan ulang tahun pernikahan ini kalau di dalam agama Islam memang tidak ada dasarnya sehingga hal itu oleh sebagian muslim dianggap sebagai hal yang biasa saja. Akan tetapi bagi masyarakat pada umumnya, pernikahan dianggap sebagai tonggak sejarah baru bagi kehidupan yang dijalaninya. Peristiwanya kemudian dijadikan sebagai suatu hal yang luar biasa dan layak untuk diperingati.

Tahukah Anda, bahwa peringatan hari ulang tahun pernikahan tersebut ternyata tidak muncul begitu saja. Ada sedikit sejarah yang melatarbelakangi munculnya perayaan peringatan ulang tahun pernikahan atau perkawinan. Berawal dari sebuah buku yang ditulis dan dipublikasikan oleh seseorang, dari situlah kemudian muncul istilah kawin perak, kawin emas dan sebagainya.

Pada tahun 1659, John Evelyn menulis buku mengenai pesta ulang tahun pernikahan dengan judul “Diary”. Kemudian Samuel Pepys juga menulis buku serupa, namun fokusnya mengenai pesta kawin perak, yaitu pesta peringatan yang telah berlangsung setelah perkawinan berusia 25 tahun. Tulisan itu selanjutnya dipublikasikan pada tahun 1806 oleh Anna Letina Barbauld yang juga menulis tentang kawin perak.

Selanjutnya pada tahun 1860, di Inggris dipublikasikan mengenai kawin emas. Peringatan pernikahan yang telah berlangsung selama 50 tahun. Selang beberapa waktu kemudian yaitu tahun 1872 pesta kawin intan menyusul sebagai peringatan bagi pasangan yang telah menikah selama 60 tahun. Sejak itulah ulang tahun pernikahan diperingati oleh segenap masyarakat.

Belakangan muncul pula istilah atau sebutan untuk memperingati ulang tahun pernikahan mulai dari yang pertama hingga pada bilangan tertentu. Di bawah ini adalah sebutan untuk peringatan ulang tahun pernikahan ke :
1 = kawin kertas
2 = kawin kapas / mori
3 = kawin kulit
4 = kawin buah-buahan / bunga / buku
5 = kawin kayu / balok
6 = kawin besi
7 = kawin tembaga / kuningan
8 = kawin karet
9 = kawin gerabah
10 = kawin aluminium
11 = kawin baja
12 = kawin sutera / linen / nilon
13 = kawin renda
14 = kawin gading
15 = kawin kristal
Selanjutnya peringatan ulang tahun pernikahan yang ke :
20 = kawin cina
25 = kawin perak
30 = kawin mutiara
35 = kawin jade / karang / koral
40 = kawin rubi
45 = kawin saphire
50 = kawin emas
55 = kawin zamrud
60 = kawin intan
Nah, sudah sampai peringatan yang ke berapa pernikahan Anda???

Dari sumber: http://halamanputih.wordpress.com/2011/10/13/sebutan-peringatan-hut-pernikahan/


Artikel lain yang terkait:



0 komentar:

Post a Comment